Jurnal Pendidikan: Kajian dan Implementasi Vol. 6, No. 3 https://journalpedia.com/1/index.php/jpki75 Agustus 2024
PENINGKATAN KREATIVITAS
GURU BERBASIS LITERASI TEKNOLOGI DAN KEARIFAN LOKAL
Ruri Marlinawati1, Titin Gustini2, Nandang Hidayat3
1,2,3Universitas Pakuan
ruribalfaz79@gmail.com1, tiengustini17@gmail.com2,
mr.nandanghidayat@gmail.com3
Abstract
Globalization and the advancement of information
and communication technology (ICT) demand teachers to
improve their creativity in teaching continuously. One way to enhance teacher
creativity is by
utilizing technology literacy
and local wisdom. Technology literacy
enables teachers to use various digital tools and platforms to
create engaging and interactive learning experiences.
Local wisdom, on the other hand, can be a source of
inspiration for teachers to develop teaching materials and methods that are relevant to the local
cultural context. This article discusses the concepts of
technology literacy and local wisdom, as well as how these
two things can be used to enhance teacher creativity.
The article also provides some best practice examples from teachers who have successfully
implemented technology literacy and local wisdom in
their teaching.
Keywords: Teacher Creativity,
Technology Literacy, Local Wisdom, Learning.
Abstrak
Globalisasi dan kemajuanteknologi informasi
dan komunikasi (TIK) menuntut guru untuk terus meningkatkan
kreativitasnya dalam mengajar. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas guru
adalah dengan memanfaatkan literasi teknologi dan kearifan lokal. Literasi teknologi
memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai alat dan
platform digital untuk menciptakan pembelajaran yang
menarik dan interaktif. Kearifan lokal, di sisi lain, dapat
menjadi sumber inspirasi bagi guru untuk mengembangkan materi dan metode pembelajaran
yang relevan dengan konteks budaya lokal. Artikel ini
membahas tentang konsep literasi teknologi dan kearifan
lokal, serta bagaimana kedua hal tersebut dapat digunakan untuk
meningkatkan kreativitas guru. Artikel ini juga memberikan beberapa contoh
praktik terbaik dari guru-guru yang telah
berhasil menerapkan literasi teknologi dan kearifan lokal dalam pembelajaran
mereka.
Kata Kunci:Kreativitas Guru, Literasi
Teknologi, Kearifan Lokal, Pembelajaran.
URL Artikel: https://journalpedia.com/1/index.php/jpki/article/view/2799/2821
0 komentar:
Posting Komentar