Recent Post

Home » » PENINGKATAN KREATIVITAS GURU BERBASIS LITERASI TEKNOLOGI DAN KEARIFAN LOKAL

PENINGKATAN KREATIVITAS GURU BERBASIS LITERASI TEKNOLOGI DAN KEARIFAN LOKAL

Written By Mr-Nandang on Selasa, 17 September 2024 | 01.20

Jurnal Pendidikan: Kajian dan Implementasi                                Vol. 6, No. 3 https://journalpedia.com/1/index.php/jpki75                                   Agustus 2024

 


PENINGKATAN KREATIVITAS GURU BERBASIS LITERASI TEKNOLOGI DAN KEARIFAN LOKAL

Ruri Marlinawati1, Titin Gustini2, Nandang Hidayat3

1,2,3Universitas Pakuan

ruribalfaz79@gmail.com1, tiengustini17@gmail.com2, mr.nandanghidayat@gmail.com3

 

Abstract

Globalization and the advancement of information and communication technology (ICT) demand teachers to improve their creativity in teaching continuously. One way to enhance  teacher  creativity  is  by  utilizing  technology  literacy  and  local  wisdom. Technology literacy enables teachers to use various digital tools and platforms to create engaging and interactive learning experiences. Local wisdom, on the other hand, can be a source of inspiration for teachers to develop teaching materials and methods that are relevant to the local cultural context. This article discusses the concepts of technology literacy and local wisdom, as well as how these two things can be used to enhance teacher creativity. The article also provides some best practice examples from teachers who have successfully implemented technology literacy and local wisdom in their teaching.

Keywords: Teacher Creativity, Technology Literacy, Local Wisdom, Learning.

 

Abstrak

Globalisasi dan kemajuanteknologi informasi dan komunikasi (TIK) menuntut guru untuk terus meningkatkan kreativitasnya dalam mengajar. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas guru adalah dengan memanfaatkan literasi teknologi dan kearifan lokal. Literasi teknologi memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai alat dan platform digital untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Kearifan lokal, di sisi lain, dapat menjadi sumber inspirasi bagi guru untuk mengembangkan materi dan metode pembelajaran yang relevan dengan konteks budaya lokal. Artikel ini membahas tentang konsep literasi teknologi dan kearifan lokal, serta bagaimana kedua hal tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas guru. Artikel ini juga memberikan beberapa contoh praktik terbaik dari guru-guru yang telah berhasil menerapkan literasi teknologi dan kearifan lokal dalam pembelajaran mereka.

Kata Kunci:Kreativitas Guru, Literasi Teknologi, Kearifan Lokal, Pembelajaran.

URL Artikel: https://journalpedia.com/1/index.php/jpki/article/view/2799/2821 



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Irwantra Edutech | Irwantra EDP
Copyright © 2011. Nandang Hidayat Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger